KAWASAN AGROPOLITAN

SELAMAT DATANG DI KECAMATAN AGROPOLITAN - SUMBERWRINGIN - BONDOWOSO

Kecamatan Sumberwringin

Kecamatan Sumberwringin
Kantor Kecamatan

KECAMATN SUMBERWRINGIN

Foto saya
Bondowoso, Jawa Timur, Indonesia
Kecamatan Sumberwringin adalah Kec. pusat pengembangan Agropolitan di Kabupaten Bondowoso

Jumat, 02 November 2012

Ekspor Arabica Melonjak, Bondowoso Kian Mendunia






Fantastis, ekspor kopi arabica asli Bondowoso kini tembus 144 ton, dari sebelumnya yang hanya mencapai 18 ton. Peningkatan ratusan persen itu merupakan bentuk keberhasilan Pemerintah Kabupaten Bondowoso dengan petani kopi dalam mengembangkan cluster kopi rakyat di wilayah Sumber Wringin dan Sempol.
Ekspor Arabica ke beberapa Negara di dua benua saat ini mencapai 8 kontainer, dengan kalkulasi, per kontainer berisi 18 ton, jadi total yang di ekspor sebanyak 144 ton. “Capaian luar biasa ini tak lepas dari kegigihan petani kopi jenis arabica yang tergabung dalam cluster pengembangan kopi,” kata Ir Matsakur Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Bondowoso.
Ditambahkannya, menurut catatan Dinas Kehutanan dan Perkebunan Bondowoso disebutkan terdapat sekitar lima ribu hektar lahan areal perkebunan kopi arabica. Dipastikan akan lebih meluas lagi, karena tingginya minat luar negeri pada kopi arabica itu yang menyebabkan para petani akan menambah lahan tanamnya lagi.
Tak hanya luas areal tanam yang bertambah, jumlah kelompok tanipun ikut bertambah. Diketahui, saat ini terdapat 30 kelompok petani yang sebelumnya hanya ada lima kelompok. Hal itu tak lepas dari keuntungan yang dirasakan cukup tinggi, yang kemudian petani meningkatkan jumlah kelompok untuk lebih meningkatkan jumlah produksi. Karena harga kopi kini senilai Rp. 35 ribu/kg, meski sebelumnya tembus Rp 38 ribu/kg.
Namun demikian, untuk menjaga kualitas ekspor ke Swiss, Amerika, Australia dan Belanda, Pemkab bekerjasama dengan petani kopi akan melakukan standarisasi bibit dan harus terstandarisasi oleh Puslitkoka. (humas pemda bondowoso)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Give your Comment here

Cari Blog Ini

agropolitan

Komoditi Unggulan : Kopi Robusta, kopi arabica, Holtikultura/ Sayur( cabe besar/kecil, tomat dll), Buah : Alpukat, Durian....