KAWASAN AGROPOLITAN

SELAMAT DATANG DI KECAMATAN AGROPOLITAN - SUMBERWRINGIN - BONDOWOSO

Kecamatan Sumberwringin

Kecamatan Sumberwringin
Kantor Kecamatan

KECAMATN SUMBERWRINGIN

Foto saya
Bondowoso, Jawa Timur, Indonesia
Kecamatan Sumberwringin adalah Kec. pusat pengembangan Agropolitan di Kabupaten Bondowoso

Jumat, 16 Desember 2011

Jalan Tembus Banyuwangi-Bondowoso???


Desak Jalan Tembus Bondowoso-Banyuwangi

BONDOWOSO – Anggota DPRD Jawa Timur asal daerah pemilihan Jatim III (Jember Lumajang) mendesak percepatan pembangunan jalan tembus Bondowoso menuju Banyuwangi melewati kawasan pegunungan Ijen. Ini ditujukan untuk mengangkat potensi ekonomi di kawasan Tapal Kuda (Banyuwangi-Bondowoso-Situbondo-Lumajang-Jember-Probolinggo-Pasuruan).

Sugihono, anggota DPRD dari dapil III yang juga kelahiran Bondowoso meminta agar pemerintah kabupaten Bondowoso, Pemkab Banyuwangi bersama Pemprov Jatim untuk melakukan sinergi pengembangan kawasan perekonomian di daerah tersebut. Pasalnya, jalur Bondowoso menuju Banyuwangi melewati kecamatan Sempol Situbondo cukup strategis. “Di daerah Bondowoso hingga Banyuwangi jika melewati jalur ijen potensi sumber daya alam pertaniannya sangat luar biasa, disana ada kawasan Agro yang cukup besar,” kata Sugihono, saat ditemui di rumah kelahirannya di pusat Kota Bondowoso, akhir pekan kemarin.

Lanjut politisi PDI Perjuangan ini, ada banyak hasil bumi di kawasan tersebut yang bisa dioptimalkan sebagai pertumbuhan ekonomi di Bondowoso. Sebab, seperti diketahui, kawasan Bondowoso ini merupakan penghasil tanaman Kubis, Kentang dan tentunya Kopi jenis Arabica yang sudah sangat terkenal itu. Jika perkebunan kopi sudah dikelola oleh PTPN XII dan PTPN XIII. Sedangkan untuk hasil bumi lainnya masih dikelola seara terbatas oleh masyarakat setempat. “Selama ini mereka terkendala alat angkut yang mahal, untuk menjual hasil pertanian. Ini disebabkan oleh jalan yang rusak dan terlalu jauh menuju kota,” kata Sugihono. “Belum lagi rencana eksplorasi panas bumi (geothermal) di kawasan tersebut, jadi potensi di dalam sana banyak tapi tidak didukung infrastrktur yang memadai,” tambah anggota komisi C DPRD Jatim ini.

Nah, bila jalan menuju kawasan pertanian tersebut diperbaiki, tentu perekonomian masyarakat Bondowoso akan terangkat. PAD juga bisa tinggi. Masyarakat juga bisa merasakan hasil alam yang kaya raya ini, itu tujuan DPRD Jatim mendesak agar infrastruktur di kawasan tersebut bisa dibangun dengan baik. “Jika jalan tembus itu sudah ada, maka petani bisa menjual hasil pertaniannya tak hanya ke Surabaya, tapi juga ke Banyuwangi bahkan ke Bali,” ujarnya. Rko

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Give your Comment here

Cari Blog Ini

agropolitan

Komoditi Unggulan : Kopi Robusta, kopi arabica, Holtikultura/ Sayur( cabe besar/kecil, tomat dll), Buah : Alpukat, Durian....